Ngajar.in Dihentikan

Ngajar.in merupakan sebuah media pembelajaran anak usia 2-6 tahun secara online, yang dikembangkan oleh Satriyo Niti Atmojo, selaku pendiri Vordava pada awal tahun 2012. Setelah 5 bulan mengalami kevakuman dalam proses pengembangan, Satriyo Niti Atmojo memutuskan proyek edukasi berbasis media sosial ini dihentikan, dan berlaku sejak 6 Januari 2013.

Situs permainan dan belajar untuk anak
Screenshot Ngajarin.

Ketika ditanya tentang pengembangan dari proyek ini, Satriyo menjelaskan bahwa memang pengembangan Ngajar.in ini “dihentikan sementara” (dalam tanda kutip, sepertinya yang dimaksud adalah belum ada pengembangan lebih lanjut), ada beberapa masalah teknis yang dihadapi. Salah satunya adalah akses pengunjung dari perangkat bergerak, karena berbasis flash, Ngajar.in tidak bisa berjalan dengan baik di beberapa perangkat. – DailySocial

Persoalan tersebut sudah pernah diberitakan oleh DailySocial (PT. Digital Startup Nusantara), melalui dari hasil wawancara dengan Satriyo pada bulan April 2012. Permasalahan tersebut bersifat dilematis, karena selain disebabkan oleh persoalan teknis, disebabkan pula kurangnya anggaran untuk pengembangan game online anak tersebut. Sebab tidaklah mungkin Satriyo mengembangkan game online tersebut seorang diri, mengingat kesibukannya di studio desain ini juga cukup padat.

Media online untuk pembelajaran dan bermain anak.
Screenshot Ngajarin.

Saat ini, apabila anda mengakses http://ngajar.in/ tersebut, game online untuk anak ini sudah tidak ada lagi sejak 11 Januari 2013. Setidaknya ini merupakan pelajaran berharga, jika untuk mendirikan startup itu tidak lah mudah, ada begitu banyak hal yang harus dipikirkan, khususnya strategi pemasaran dan bagaimana cara “menjual produk” tersebut.