Web Design 7.0

Pada pertengahan bulan Agustus 2015 kami memutuskan untuk melakukan perancangan ulang situs Vordava dengan kode proyek Web Design 7.0. Tidak ada perubahan total dalam web design ini, hanya perbaikan UX / UI serta sedikit penyegaran saja.

Setelah kami meluncurkan Web Design 6.0, sekitar 6 bulan kemudian kami melakukan penelitian sederhana, yaitu tentang pengalaman pengguna ketika mengunjungi website ini. Dari penelitian sederhana tersebut kami memperoleh cukup banyak data berharga yang akhirnya kami jadikan sebagai pedoman untuk melakukan perancangan ulang situs Vordava.

Jasa web design Surabaya.
Screenshot web design 7.0.

Pada web design 7.0 ini kami menempatkan tombol dan kolom pencarian pada site header, serta menempatkan tautan akun jejaring sosial Vordava pada site header, selain tombol menu utama website ini. Tujuannya adalah supaya pengunjung website ini mudah menemukan halaman yang mereka cari, serta informasi yang mereka butuhkan melalui fitur pencarian.

Kami sengaja tidak menampilkan begitu banyak konten pada halaman utama website ini, karena kami hanya ingin menampilan satu pesan utama kepada setiap pengunjung, ketika mereka mengunjungi website ini, khususnya ketika mengakses halaman utama. Disamping itu kami juga ingin mempercepat page load pada halaman utama website Vordava.

Jasa pembuatan website surabaya.
Screenshot web design 7.0.

Sedangkan pada halaman project kami masih menggunakan sistem grid untuk menampilkan proyek-proyek yang pernah kami kerjakan selama 7 tahun ini, meskipun tidak semua proyek kami publikasikan pada website ini, karena jumlahnya cukup banyak.

Untuk mempercepat page load pada halaman proyek, kami membatasi ukuran thumbnail setiap proyek yaitu dengan ukuran maksimal 563×348 pixel. Dan kami menyadari bagaimanapun juga cukup sulit untuk mempercepat page load pada halaman project mengingat begitu banyak thumbnail yang ditampilkan. Oleh karena itu kami juga memanfaatkan fitur kompresi konten dan cache melalui file .htaccess, sehingga bisa membantu mempercepat page load pada halaman tersebut tanpa mengurangi kualitas gambar yang ditampilkan.

Jasa desain website Surabaya.
Screenshot web design 7.0.

Dan untuk halaman blog, kami sengaja tidak menampilkan widgets atau sidebar karena kami hanya menampilkannya pada blog post. Pertimbangannya adalah bahwa situs kami tidak terlalu membutuhkan informasi yang ditampilkan melalui sidebar, maka kami cukup menampilkan sidebar pada setiap blog post, karena juga membantu untuk mengisi ruang yang cukup lebar jika kita mengunjungi website ini melalui perangkat desktop.

Dalam pembuatan website ini, kami mengerjakannya menggunakan prinsip desain Dieter Rams, serta menggunakan starter theme Underscores, karena website kami ini diperkuat oleh WordPress, sejak 5 tahun yang lalu hingga sekarang.

Total waktu yang kami butuhkan untuk mengerjakan web design 7.0 ini adalah 1,5 bulan, dan tema WordPress tersebut kami beri nama Tiga. Kami yakin perbaikan dan penyegaran ini belum cukup baik, dan mungkin saja kami akan melakukan lagi pada tahun depan.

Terima kasih sudah bersedia membaca artikel ini. Dan pertanyaan dari kami adalah, apa pendapat anda terhadap web design 7.0 ini? Silahkan memberikan pendapat tersebut melalui kolom komentar. Selamat malam dari kota Surabaya 🙂